BAHAN BELAJAR
Mata Kuliah : Fisika Radiasi
Kode Mata Kuliah : TRO-301
SKS : 2 SKS
Program : DIII-TRO
Tingkat/Semester : II/2
Dosen : Ilham Bachtiar,
Dipl.Rad, S.Si
Pokok Bahasan : Radioaktifitas
TIU :
Peserta didik dapat memahami pengertian radioaktivitas, aktivitas sumber,
peluruhan radioaktif, dan transmutasi,
Pertemuan/Waktu : IX/ 2 x 50 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Bahan Ajar
|
Strategi dan Metode
|
Evaluasi
|
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian radioaktivitas
|
a. Pengertian
dan peristiwa radioaktivitas
b. Pembagian
inti tak stabil
c. Skema
peristiwa radiasi
|
Ceramah
Visualisasi
Diskusi
|
a. Jelaskan peristiwa radioaktivitas
b. Jelaskan
tentang inti tak stabil
|
2. Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian aktivitas sumber
|
a. Pengertian
Aktivitas sumber
b. Satuan
Radioaktivitas
|
Ceramah
Visualisasi
Diskusi
|
a. Jelaskan
pengertian Aktivitas sumber
b. Sebutkan
satuan radioaktivitas
|
3. Peserta
didik dapat menjelaskan tentang peluruhan radioaktif
|
a. Rumus
peluruhan
b. Grafik
dan rumus waktu paruh
c. Tetapan
peluruhan (decay constant)
d. Umur
rata-rata radioaktif
|
Ceramah
Visualisasi
Skema-peluruhan
Membaca table
Hitungan
Diskusi
|
a. Menghitung
peluruhan, waktu paruh dan umur rata-rata
b. Menjelaskan
skema peluruhan
|
4. Peserta
didik dapat menjelaskan tentang transmutasi
|
a. Pengertian
transmutasi
b. Contoh
transmutasi radioaktivitas
|
Ceramah
Visualisasi
Membaca table
Hitungan
Diskusi
|
Menjelaskan contoh
transmutasi
|
BAHAN BELAJAR
Mata Kuliah : Fisika Radiasi
Kode Mata Kuliah : TRO-301
SKS :
2 SKS
Program : DIII-TRO
Tingkat/Semester : II/2
Dosen :
Ilham Bachtiar, Dipl.Rad, S.Si
Pokok Bahasan : Pancaran a,b,dan g
TIU :
Peserta didik dapat memahami pancaran a,b,dan g
Pertemuan/Waktu : X/ 2 x 50 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Bahan Ajar
|
Strategi dan Metode
|
Evaluasi
|
1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian pancaran a
|
a. Pengertian
pancaran a
b. Persamaan
reaksi
c. Skema peluruhan
dan energi
d. Sifat-sifat
partikel a
|
Ceramah
Visualisasi
Membaca Skema
Diskusi
|
a. Jelaskan pengertian dan persamaan
reaksi dan sifat partikel a
b. Membaca
skema peluruhan a
|
2. Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian pancaran b- dan b+
|
a. Pengertian
pancaran b-
dan b+
b. Persamaan
reaksi
c. Skema
peluruhan dan energi
d. Sifat-sifat
partikel b-
dan b+
|
Ceramah
Visualisasi
Membaca Skema
Diskusi
|
a. Jelaskan pengertian dan persamaan reaksi dan sifat
partikel b-
dan b+
b. Membaca
skema peluruhan b-
dan b+
|
3. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian pancaran g
|
a. Pengertian
pancaran g
b. Persamaan
reaksi
c. Skema
peluruhan dan energi
d. Sifat-sifat
partikel g
|
Ceramah
Visualisasi
Membaca Skema
Diskusi
|
a. Jelaskan pengertian dan persamaan
reaksi dan sifat partikel g
b. Membaca
skema peluruhan g
|
BAHAN BELAJAR
Mata Kuliah : Fisika Radiasi
Kode Mata Kuliah : TRO-301
SKS :
2 SKS
Program : DIII-TRO
Tingkat/Semester : II/2
Dosen :
Ilham Bachtiar, Dipl.Rad, S.Si
Pokok Bahasan : Besaran dan Satuan Radiasi
TIU : Peserta didik dapat
memahami pengertian eksposi(paparan), dosis serap, dosis ekivalen
Pertemuan/Waktu : XI/ 2 x 50 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Bahan Ajar
|
Strategi dan Metode
|
Evaluasi
|
1. Peserta didik
dapat menjelaskan eksposi/ paparan (x)
|
a. Definisi satuan rontgen
b. Definisi
eksposi/ paparan
c.Peranan
satuan roentgen
|
Ceramah
Visualisasi
Diskusi
|
a. Jelaskan pengertian satuan roentgen dan eksposi/
paparan
b. Jelaskan
peranan satuan roentgen
|
2. Peserta
didik dapat menjelaskan tentang dosis serap dan satuannya
|
a. Definisi dosis serap
b. Satuan
dosis serap
|
Ceramah
Visualisasi
Diskusi
|
a. Jelaskan pengertian dosis serap dan satuannya
|
3. Peserta
didik dapat menjelaskan dosis ekivalen (H)
|
a.
Pengertian dosis ekivalen, faktor – faktor
yang mempengaruhi dan satuan
b.
Perhitungan dosis ekivalen dalam proteksi
radiasi dan radiobiologi
c.
Quality faktor, distribution faktor, dan
RBE (Relative Biological Effectiveness)
|
Ceramah
Visualisasi
Hitungan
Diskusi
|
a.
Jelaskan
pengertian dosis ekivalen faktor – faktor yang mempengaruhi dan satuan
b.
Hitungan RBE (Relative Biological
Effectiveness)
|
4. Peserta
didik dapat menjelaskan dosis efektif
|
a.Pengertian
dosis efektif, dan satuan
b.
|
|
|
5. Peserta
didik dapat menjelaskan dosis efektif
|
a.
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar